5 Kecanggihan yang di Miliki Iphone 14 – Reputasi brand Apple memang sudah melanglangbuana. Tidak heran, setiap produknya selalu sukses jadi incaran penggemar gadget, ataupun siapapun yang gandrungi aktivitas fotografi. Pada bulan September 2022, Apple telah meluncurkan iPhone 14 series secara global. Akan tetapi, hadirnya iPhone 14 series bukan tanpa kontroversi. Banyak yang bilang kalau desain bodi HP seri ini tidak berbeda dengan pendahulunya (iPhone 13 series). Apalagi ditambah dengan iPhone 14 reguler dan Plus yang masih pakai chipset yang sama. Lalu, muncul lagi fakta kalau iPhone 14 series hadir tanpa slot SIM, sehingga mengharuskan pengguna menggunakan eSIM.

Varian iPhone 14 yang hadir di Indonesia masih sediakan slot Nano SIM. Ini tentu kabar baik, karena hingga saat artikel ini ditulis, provider yang sediakan eSIM hanya Smartfren saja. Untuk meng-address masalah desain bodi dan chipset, pengguna bisa pertimbangkan varian iPhone 14 Pro; lantaran punya fitur inovatif Dynamic Island dan juga chipset A16 Bionic yang super gahar. Pada kesempatan kali ini, sahabat akan membeberkan apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan iPhone 14 Pro. Anda bisa melihat sneak peek-nya dengan melihat rangkuman poin-poin di bawah ini.

Baca Juga: 6 Langkah Membedakan Iphone Asli dan KW

Fitur Always-On Display!

Penantian panjang kini berakhir. Kini, Apple fanboy tidak perlu sirik lagi dengan ponsel-ponsel Android yang sudah sedari lama memiliki fitur AOD alias always-on display. Sedikit intro mengenai apa itu always-on display dan kegunaannya, ya. Jadi, fitur ini hadir sebagai alternatif dari lock screen yang muncul saat layar ponsel dimatikan (entah itu saat dikunci, atau ketika layar mati sendiri karena tidak ada aktivitas).

Desain Bodi yang Kokoh, Elegan, dan Ciamik

Nuansa simpel dan elegan pada iPhone series memang sudah tidak perlu diubah lagi. Toh, para Apple fanboy pun tampaknya sudah familier dengan desain khas iPhone yang tak kunjung berubah drastis. Apalagi, ini jadi kesempatan buat kaum budget pas-pasan agar dapat membeli iPhone generasi terdahulu yang harganya lebih terjangkau. Desain yang mirip-mirip membuat orang umum tidak akan tahu bahwa Anda menggunakan iPhone keluaran lama alih-alih terbaru. Setidaknya, saat melakukan mirror selfie. Tapi, tunggu dulu. Bukan berarti iPhone 14 Pro ini tidak memiliki perubahan desain sama sekali, lho. Selain Dynamic Island yang sebelumnya dijelaskan, iPhone 14 Pro juga kedatangan varian warna baru yakni Deep Purple.

Kamera Utama 48 MP

IPhone 14 Pro hadir dengan konfigurasi kamera utama yang berbeda. Menawarkan kamera utama 48 MP, ponsel kini menggunakan filter warna Quad Bayer dengan ukuran sensor 1/1.28 inci. Terdapat pula stabilisasi agar hasil foto dan video terhindar dari efek goyangan. Selain itu, kamera ultrawide 12 MP-nya pun mendapatkan peningkatan, dengan ukuran sensor 1/2.55 inci dan pixel size 1.4 µm. Focal length-nya pun kini menjadi 14 mm dengan apertur f/2.2, dan disertai dengan Dual Pixel PDAF.

Yang tampaknya tidak berubah adalah kamera telefoto, dengan resolusi 12 MP, ukuran sensor 1/3.5 inci, focal length 77 mm, serta apertur f/2.8. Kamera ini juga mendukung zoom optik sebanyak hingga 3x dan medukung OIS. Mode portrait di kamera belakang turut didukung dengan sensor LiDAR Scanner, yakni sensor yang dapat mengukur jarak antar benda secara nyata. Seperti penggaris virtual. Dapat pula meningkatkan kapabilitas AR dan VR ke tingkat selanjutnya.

Fitur Emergency yang Baru

Terlepas dari desain bodi iPhone yang tampak itu-itu saja, sebenarnya Apple tak pernah henti hadirkan fitur inovatif yang baru. Selain Dynamic Island, pengguna juga dapat rasakan fitur pengenal bahaya agar pengguna dapat segera mendapat bantuan.

Fitur ini dinamakan Emergency SOS dan dapat bekerja meski di luar jangkauan sinyal seluler ataupun WiFi. Ponsel akan mendeteksi apabila pengguna tiba-tiba berhenti ketika sebelumnya berada pada kecepatan tinggi.

Karena tanpa gunakan data, maka komunikasi yang dilakukan hanya berbasiskan teks saja. Anda tidak dapat memotret gambar dan mengirimkannya. Waktu pengiriman pesannya pun beragam, bisa 15 detik saja atau membutuhkan waktu beberapa menit. Tergantung kondisi langit dan apakah di sekitar Anda dikelilingi pohon-pohon.

Di Amerika Serikat dan Kanada, layanan ini akan tersedia mulai November 2022, dan dapat digunakan secara gratis selama 2 tahun. Belum diketahui pasti apakah fitur ini dapat berfungsi pada model Indonesia.

Hadir dengan Fitur Desain “Dynamic Island

Mari mulai kelebihan yang pertama dengan fitur yang cukup banyak dibicarakan orang. Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, Apple cukup jarang mengubah bentuk desain iPhone series. Mulai dari iPhone X, 11, 12, hingga 13 series, desain bodinya nyaris sama dengan minim perbedaan. Masih sama-sama tawarkan poni panjang sebagai rumah bagi kamera depan. Berbeda dengan iPhone 14 Pro dan Pro Max, keduanya kini dirancang dengan desain dual punch hole yang dinamakan Dynamic Island.

Dynamic Island sendiri mencakup satu kamera depan dan satu komponen Face ID. Di antara keduanya, hadir latar berwarna hitam untuk menunjukkan keselarasan secara keseluruhan. Keempat ujungnya dibuat rounded edge sehingga pulau ini tampak seperti sebuah pil.

Fitur-Fitur iOS 16

Setiap produk iPhone yang baru muncul pasti dikenakan masa update hingga 5 tahun. Artinya, iPhone 14 Pro akan mendapatkan masa update hingga 2027. IPhone 14 Pro hadir dengan sistem operasi iOS 16 dari pabrikannya. OS ini juga sekaligus memperkenalkan fitur-fitur baru. Sebagian fitur ini sudah ada di Android sejak lama, tapi ada juga yang benar-benar inovatif.

iOS 16 kini memungkinkan Anda memodifikasi Lock Screen, membatalkan dan mengedit pesan yang terkirim, berbagi foto via cloud, dan sebagainya. Namun di antara fitur-fitur baru yang dihadirkan, ada dua fitur yang ingin penulis garis bawahi.